Selasa, 02 Agustus 2011

Hati-Hati Penipuan Cek Hilang

Baru-Baru ini Dumai, Riau di hebohkan dengan adanya penemuan sebuah Kantong Plastik, tetapi didalam kantong plastik tersebut berisikan Cek BCA dengan Jumlah Uang yang Fantastis (*Klo di carikan bisa buat jalan2 lebaran, hehe.. dan kasi THR untuk orang2 sekampung kali ya.. hehe), bukan cuma cek kosong tetapi juga Surat Tanah dari Manokwari, dan SIUP. Alangkah lucunya negri ku ini (seperti Judul Film ajah, hehe). Ok kita lanjut kan yah, Berikut Awal cerita saya menemukan Cek tersebut.

Sahur Ramadhan pertama, tepat tanggal 01 Agustus 2011, Senin (04.00 WIB), tiba-tiba adek lelaki bungsu saya cerita dengan ibuk, "Ma teman edek (panggilan_nya)dapet cek BCA di jalan tadi malam selesai sholat Teraweh senilai Rp. 2.700.000.000, sontak kami yang lagi makan sahur di rumah terkejut, apalagi saya yang mendengarnya langsung Shock (hehe lebay), otomatis saya mengucapkan "Subhanallah" yang benar??, adik saya cerita lagi dan lagi. Kemudia saya menarik kesimpulan Bahwasanya Cek tersebut tidak akan bisa di carikan, logikanya begini, dikarenakan jumlahnya yang sangat amat menggiurkan Masyarakat, hal-hal apapun akan di lakukan oleh si Pemilik, contohnya : si Pemilik cek tersebut pasti akan merasa kehilangan banged, bahkan bisa koma di RS kali ya, karena uang nya hilang begitu saja. Otomatis dia akan mendatangi BANK yang bersangkutan dan meminta untuk memblokir chek tersebut. Serta bukan hal yang mudah untuk mencairkan cek tersebut, apalagi yang mencarikannya anak-anak usia 16 taon, yah... mana bakalan percaya tu karyawan BANK. Sambil manggut2 adek saya mendengarin ocehan dari saya, tapi tetep dia bersikeras menyatakan bahwa cek itu Asli, sampai dia mengatakan akan melihatkan nya ke saya.

Saya hanya bisa tersenyum, sekaligus menasehati adek saya, agar tidak mempercayai hal-hal yang demikian. Keesokan hari nya, 02 Agustus 2011 lagi asyik nonton TV sembari mengunggu Beduk Magrib yang pertanda sudah bisa berbuka puasa, adek saya menghampiri saya membawa sebuah amplop padi yang berisikan cek BCA tersebut. Yang ternyata adek saya memperoleh dari temannya yang punya 11 Amplop tersebut (*Gilak, ni bener2 penipuan dah..), sambil berkata "Ni kak coba lah lihat", pertama sekali saya melihat cek nya yang sekilas pandang nyaris sempurna seperti cek2 asli lainya. Kemudian di susul dengan Surat keterangan Tanah dari Manokowari,dan SIUP, saya sempat Bengong sejenak membolak balik kertas tersebut yang sempat membuat saya percaya. Tapi setelah itu saya bilang ini salah dek, ini palsu, di lihat dari Cap Stempel dari Masing2 surat tersebut, karena setahu saya tidak demikian. SIUP yang ada di kantor saya jauh dari yang saya lihat. Berbekal ilmu Desain yang saya miliki juga saya bisa lihat langsung klo itu Palsu. Memanglah Modus Penipuan sekarang ada-ada saja.

Tingkat penasaran saya tidak sampai di sini saja, saya mencoba Browsing melihat Cek Asli BCA seperti apa sich???!!! karena saya juga belum pernah lihat cek tersebut, hasil brwosing saya mendapati Modus yang sekarang terjadi di Dumai, Riau ini, sudah jauh dari 1 Tahun Lalu yaitu 2010 di beberapa kota di Luar Riau bahwasanya semua hanya tipuan. Menurut sumber yang saya temui itu merupakan suatu penipuan yang akan menjerumuskan Korban yang buta akan kecanggihan Teknologi. Modus penipuan ini mengharapkan penemu cek untuk menghubungi nomor yang ada di cek tersebut. Saat itulah penelepon akan dihipnotis, biasanya dengan mengiming-imingi pemberian hadiah. Selanjutnya penelepon akan digiring ke ATM dan sindikat penipu ini akan menguras isi tabungan korban.


Berikut Contoh Cek BCA, Surat keterangan Tanah, dan SIUP :





Ini Yang membuat saya Curiga, bahwa semua dokumen Palsu :





Waspadalah selalu dengan modus penipuan seperti ini. Jika anda menemukan cek seperti ini, lakukan yang saya lakukan yaitu robek dan buang. Jangan biarkan ada korban lagi karena mungkin saja adalah saudara atau kenalan anda yang bermaksud baik tapi malah bernasib sial.

Share

16 komentar:

  1. Dasar Penipu..
    semoga kembali kejalan yang benar..
    jalan yang di ridho oleh Allah.. Aamiin...

    BalasHapus
  2. Hmm.. mo Jadi Apa coBa dUnia ini..
    Jika semUa oRang mempunYai PemikiraN sepeRti ini..
    ApaKah yang HaLaL itu tidaK dipikirKan Lagi??
    seMoga paRa penipu keMbaLi keJalaN yang benaR..
    Amin..

    BalasHapus
  3. @Anonim as Vie..
    aamiin Ya Robal'alamin...
    semoga mereka mau lebih Ikhtiar...

    BalasHapus
  4. saya juga pernah menemukan surat seperti itu dan sampai sekarang cek masih saya simpan,
    TERIMA KASIH atas informasi yang anda berikan,,

    BalasHapus
  5. hahahaha..... aku jg mengalami nasib yg sama, informasi ini berarti banget, thanks gan....

    BalasHapus
  6. Aneh aneh wae . . .
    Cek koq disebar dijalanan.

    BalasHapus
  7. @ all... yah.. memang miris sekali motive penipuan nya.. tepok jidad dech.. waktu ngalamin nya.. yah.. semoga ada Hibroh nya.. ;)
    thanks dah mampir..

    BalasHapus
  8. hampir aja sayab kena tipu dengan modus ni.. ya saya tipu lagi ja mereka dengan,, ngasih norec yg salah.. anehnya mereka minta pasword no rec itu ya saya kasih yg asal2an... kasian deh u penipu......salam pisssss

    BalasHapus
  9. ya ampun ak baru dapet itu barang kemaren haha
    sama persis ama 3 surat itu ada cek siup ma 1 nya..cek nya dari bca bank bali..wkwk ampas dah

    BalasHapus
  10. mks y infonya,,,,,, baru saja saya menemukan cek tersebut'

    BalasHapus
  11. wah.... pembantu saya tadi pagi menemukan cek dan berkas yg sama (SIUP & surat tanah), sy curiga karena itu semua hasil print dari printer yg sama, stempel, tanda tangan, kop surat juga hasil print. sy coba browsing di internet ternyata penipuan spt ini tahun-tahun yg lalu sdh ada di daerah-daerah. sy tinggal di jakarta,wah...tahun ini giliran jakarta. waspadalah...waspadalah......

    BalasHapus
  12. all,saya ada di jakarta.
    saya juga menemukan 1 lembar cek senilai 1,7M dan 1 lembar SIUP,hari jumat petang....
    infonya :
    bahwasanya mudus ini sudah tersebar ke mana-mana dan mohon hati-hati.

    BalasHapus
  13. saya juga dapat amplop seperti itu

    BalasHapus
  14. saya juga dapat amplop seperti itu, tapi saya sudah tahu senelumnya bahwa ini adalah modus penipuan

    BalasHapus
  15. @all, MasyaAllah.. masih beredarkah modus penipuan seperti ini?? ckckc..
    memanglah yaa.. apa sich sebenarnya modus penipu ini?? semoga kembali kejalan yang benar.. :)

    #thanks all sudah mampir..

    BalasHapus